Pengaruh Alkohol terhadap Otak Manusia

Tulisan ini adalah kutipan dari tulisan di dalam rubrik Ilmu dan teknologi Koran Tempo, Kamis, 18 Juni 2009. Tulisan yang berjudul “Ketika Alkohol Mengalir sampai ke Otak” menceritakan tentang bagaimana pengaruh alkohol terhadap otak manusia.

Semoga bermanfaat.

———————————————————————————-

Atas nama ilmu pengetahuan, sebanyak delapan pria dan tujuh perempuan rela berbaring dibawah pemindaian MRI sambil minum alkohol menggunakan sedotan. Mereka terus minum sampai alkohol mengisi darah mereka dengan kadar 0,05 – 0,06 persen — kisaran besaran biasa dicapai dengan menenggak tiga kaleng bir itu sudah cukup melumpuhkan kemampuan menyetir. Penelitian ini dilakukan oleh Armin Biller, peneliti di Hidelberg University Hospital. Hasil penbelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism. 

Ringkasan hasil percobaan itu adalah sebagai berikut:

  1. Alkohol hanya butuh waktu 6 (enam) menit untuk sampai ke kepala.
  2. Otak lebih memilih gula dalam alkohol yang merupakan produk turunan dari alkohol, daripada glukosa yang merupakan makanannya sehari-hari.
  3. Konsentrasi substansi yang melindungi sel-sel otak, seperti kreatin, ditemukan menurun seiring dengan meningkatnya konsentrasi alkohol.
  4. Choline, yang merupakan komponen membran sel otak, juga ikut berkurang. Hal ini diduga merupakan indikasi bahwa alkohol memicu banyak perubahan dalam komposisi membran sel otak.
  5. Perubahan dalam metabolisme otak orang sehat setelah mengkonsumsi alkohol yang moderat, bisa kembali normal keesokan harinya.
  6. Diduga, kemampuan otak untuk pulih kembali dari efek alkohol akan berkurang atau hilang sama sekali kalau konsumsi alkohol meningkat tak terkendali.
  7. Efek akut yang tergambar dalam studi ini membangun basis untuk kerusakan otak yang permanen yang terkenal dalam kasus pecandu alkohol.

———————————————–

Semoga bermanfaat.

Salam,

Wahyu Budi Setyawan

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s