Kiat Memutus generasi tawuran

sumber berita: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/23/262257/289/101/-Kiat-Memutus-Generasi-Tawuran

 

YOGYAKARTA–MICOM: SMA 6 Yogyakarta punya kiat tersendiri memutus generasi siswa doyan tawuran. Barangkali layak dicoba di sekolah Jakarta, tapi nyata bukan sekadar wacana.

Sejak 2003, SMA 6 Yogyakarta mempunyai strategi yang kemudian disepakati Poltabes (sekarang Polresta Yogyakarta). Sebelumnya, siswa SMA ini juga suka tarung jalanan.

Apa kiatnya. Pertama, siapa pun siswa yang berkelahi dan merugikan pihak lain, mereka atau orang tua yang menanggung baik pengobatan maupun penggantian materiil.

Sekolah juga memberikan sanksi berat bagi siswa yang melanggar, termasuk perkelahian. Sanksi paling berat dikembalikan ke orang tua.

SMA 6 Yogya ini membina siswa dengan memberi tanggung jawab lebih kepada para guru. Tiap-tiap guru mendampingi 14 siswa.

“Pendampingan tersebut terus hingga saat ini,” ujar Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Sukarman Spd, di SMA N 6 Kota Yogyakarta.

Pendampingan mulai dari membimbing tingkah laku, budi pekerti, prestasi akademik, dan nonakademik. Di samping itu, tugas wali kelas.

Pembenahan melibatkan sekolah lain di lingkungan Kota Yogyakarta. Caranya, mendirikan Forum Komunikasi Pengurus OSIS dan Musyawarah Guru Pembina OSIS.

Dengan langkah tersebut, jumlah perkelahian yang sebelumnya menjadi tradisi di Kota Yogyakarta menurun drastis. (OL-11)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s