SMAN 6 antara Jakarta dan Yogyakarta

Sumber berita: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/21/261540/38/5/Disdik-DKI-Wacanakan-Pemotongan-Generasi-Siswa-SMAN-6

 

Penulis : Vini Mariyane Rosya

Rabu, 21 September 2011 21:27 WIB

 

JAKARTA–MICOM: Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Agus Suradika menyatakan saat ini pihaknya sedang mempertimbangkan untuk melakukan cutting generation atau pemotongan generasi di SMAN 6 Jakarta.

Potong generasi tersebut dapat menjadi pilihan untuk memutus rantai “tradisi tawuran” di SMA N 6 Jakarta.

“Ini (cutting generation) masih menjadi bahan pertimbangan. Tahun depan mungkin sudah ada blue print-nya,” ungkap Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Suradika, Rabu (21/9).

Cutting generation, lanjut Agus, tak berarti harus menghentikan penerimaan siswa baru di sekolah tersebut. Cutting Generation, imbuhnya, dapat dilakukan dengan memperbanyak siswa perempuan dan membatasi siswa laki-laki. Hal ini pernah diterapkan di SMAN 6 Yogyakarta yang juga kerap terlibat tawuran. “Ini bisa saja dilakukan,” ujarnya.

Agus memaparkan penghentian siswa baru pada SMA N 6 Jakarta berisiko berdampak pada dunia pendidikan di Jakarta. apalagi kapasitas sekolah menengah atas di Jakarta cukup terbatas.

“Jika ada cutting generation dilakukan di kedua sekolah. Berarti banyak calon peserta didik yang tidak terakomodasi nanti,” tuturnya.

Selain cutting generation opsi lain yang ditawarkan adalah relokasi atau penggabungan sekolah. “Ada banyak opsi dan solusi yang harus dipikirkan. Semuanya harus dianalisis lebih mendalam sehingga dapat dirumuskan opsi yang tepat,” jelas Agus. (VB/X-12)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s