Susu Sarkem dipamerkan oleh dua siswa SMA N 6, yakni Aditya Sewanggara dan Dhanny Octa

YOGYA (KRjogja.com) – Salah satu kreasi siswa yang dipamerkan dalam Lomba Cipta Karya Teknologi Tepat Guna tahun 2013 Tingkat SMA/SMK/MA di Taman Pintar hari ini Kamis (19/09/2013) adalah ‘Susu Sarkem’, atau susu sari kulit manggis. Susu ini diolah dan dipamerkan oleh dua siswa SMA N 6, yakni Aditya Sewanggara dan Dhanny Octa.

“Hasil penelitian kami ini di bidang kesehatan dapat mengurangi penderita penyakit hipertensi, karena kulit manggis memang berkhasiat untuk itu,” ujar Aditya Sewanggara.

Ia menuturkan, riset yang dilakukannya sebelumnya adalah dengan mencari khasiat kulit manggis. Tim peneliti lalu menginovasinya menjadi susu dengan nama yang cukup menarik pula, yakni Susu Sarkem, yang berasa manis, tidak pahit seperti rasa asli kulit manggis.

“Kami memilih riset ini karena bahan yang dibutuhkan sangat murah, dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat kulit manggis, dapat menjadi solusi bagi openderita hipertensi, dan dapat dijadikan usaha yang menguntungkan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Dhanny Octa menambahkan, ia sudah menyebar kuisioner terhadap 33 orang, menanyakan kualitas rasa susu ini. Sebanyak 30 orang menyatakan susu ini enak, dan hanya tiga orang yang mengaku tidak menyukai. “Yang kami pamerkan ini memakai perasa coklat sehingga lebih banyak disukai,” jelasnya.

Untuk pembuatan menurutnya cukup mudah. Tinggal menyiapkan bahan yakni sari kulit manggis secukupnya, 750 ml susu cair, 150 gram gula pasir, 10 cm kayu manis, setengah sendok teh garam, dan bubuk vanili secukupnya. Sari kulit manggis lalu dimasukkan blender dengan 750 ml susu dan dihaluskan. Adonan lalu dimasukkan dalam panci dan dimasak sampai mendidih dengan bahan-bahan lainnya.

“Kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga agak mengental selama 15 menit. Angkat, sisihkan kayu manisnya, dan Susu Sarkem Siap dinikmati,” pungkasnya. (Den)

sumber: KR Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s